BERITA UTAMA

Pemkab Aceh Selatan melalui Kantor Pertanahan Aceh Selatan Bagikan 500 Sertifikat Tanah

Selasa, 10 Januari 2023 # Pemerintahan 527

Tapaktuan - Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran menghadiri kegiatan silaturahmi sekaligus pemberian sertifikat tanah kepada masyarakat gampong kuta padang mukim buloh seuma kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (10/1/2023).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh, Kamarsyah, Plt. Kepala Kantor Pertanahan Aceh Selatan beserta jajarannya, Kadis Pertanahan, Ir.H. Said Azhar, Kadis Pertanian, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Camat Trumon, Imum Mukim, Ketua Tuha Peut kuta padang, dan masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut Bupati Aceh Selatan menyampaikan, kami mengucapkan terimakasih kepada Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Aceh Selatan serta Dinas Pertanahan Kabupaten Aceh Selatan yang telah bekerja secara maksimal dalam hal mengeluarkan sertifikat yang ada pada gampong kuta padang maupun raket di Kecamatan Trumon.

alam hal ini yang perlu disampaikan bahwa Alhamdulillah hari ini masyarakat buloh seuma akan diserahkan sertifikat tanah sebanyak lebih kurang 500 buah, walaupun secara simbolis sudah di serahkan sewaktu HUT Aceh Selatan yang ke 77, Ucap Tgk. Amran.

Maka dalam hal ini mengingat rentang jarak jauh antara masyarakat buloh seuma dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Selatan, oleh sebab itu kami hadir langsung disini bersama Kantor Pertanahan dan Dinas Pertanahan untuk menyerah kan sertifikat tanah tersebut, sertifikat ini diserahkan sebagai bukti hak milik, Sebut Beliau.

Dalam acara tersebut Plt. Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) Aceh Selatan Nasrullah, SP mengatakan pada beberapa bulan yang lalu sekitar bulan april, anggota sudah turun kesini untuk melakukan penyuluhan, karena ada program pemerintah tentang pengsertifikatan tanah, dalam hal ini untuk kemukiman buloh seuma yaitu redistribusi tanah.

Program sertifikasi redistribusi tanah berbeda dengan program pemerintah lainnya yang biasa waktu jaman kita dengar nama nya prona (Program Nasional), tetapi kalau sekarang disebut dengan PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap), Ujar Nasrullah.

Bahwa Redistribusi Tanah itu dikhususkan untuk perkebunan dan perikanan tetapi tidak untuk perkarangan rumah, tapi saat ini memang bukan program nya untuk pekarangan rumah yang dimaksud dengan redistribusi tanah tersebut.

Lanjutnya, Redistribusi tanah adalah sertifikasi lahan perkebunan ataupun perikanan artinya jangkauan nya lebih luas, luasnya juga tidak terbatas, Ungkap Beliau.

“Berapapun yang kita ajukan sampai dengan maksimal 5 hektare, masih bisa kita buat satu sertifikat tanah nya, artinya nilai jual juga lebih mahal dibandingkan dengan pekarangan rumah”, Ucap Plt. Kepala Kantah.

Dan, saya sampaikan terimakasih banyak kepada pak keuchik, mukim yang telah memfasilitasi bahwa proyek ini berjalan sesuai dengan target, yaitu ditarget kan di Aceh Selatan 500 bidang dan tercapai 500 bidang tersebut, Lanjutnya.

Adapun jumlah keseluruhan nya yaitu dari 500 orang yang kita berikan, untuk saat ini 446 orang yang hadir dan rinciannya adalah 187 orang di Raket dan 259 orang di Kuta Padang, Mukim buloh seuma kecamatan Trumon, Tutup Nasrullah.(*)


Diskominfosan Asel

Kabar Terkait

Daftar Pejabat