BERITA UTAMA

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji serta penandatanganan pakta integritas anggota PPS Pemilu Tahun 2024

Selasa, 24 Januari 2023 # Pemerintahan 456

Sebanyak 780 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas pada Pemilihan Umum Tahun 2024 mendatang secara resmi dilantik, acara ini berlangsung di Gedung Rumoh Agam Tapaktuan, Selasa (24/1/2023).

Acara tersebut turut Unsur Forkopimda, Asisten I Setdakab, Ketua KIP Aceh Selatan beserta Komisioner, Kepala SKPK, Sekretaris KIP beserta jajarannya, Pimpinan Instansi Vertikal, Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu Tahun 2024 dan undangan lainnya.

Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran mengatakan, Pemilihan Umum Tahun 2024, merupakan wujud pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk lima tahun kedepan, oleh karena itu, penyelenggaraan pemilihan umum tersebut nantinya harus berjalan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Sejalan dengan itu, perlu dipahami bahwa suksesnya penyelenggaraan pemilihan umum diharapkan tidak hanya dari segi prosedural semata, tetapi juga sukses dari segi substansial. Ucap Beliau. 

Dengan demikian, dapat kita pahami bahwa peran penyelenggara pemilihan umum, termasuk Panitia pemungutan suara (pps) sangatlah penting, oleh karenanya, anggota pps harus memiliki integritas dan komitmen dalam menjalankan tugas serta wewenang nya. Ujar Tgk. Amran. 

Kami berharap, kepada anggota pps yang baru dilantik hari ini, supaya dapat bekerja maksimal untuk membantu KIP Aceh Selatan dan Panitia pemilihan kecamatan (ppk) di wilayah kerjanya masing-masing, dalam melaksanakan tahapan demi tahapan pemilu tahun 2024 dan kami ingatkan kepada saudara, untuk dapat bersinergi dengan pemerintah gampong di wilayah kerja masing-masing. Tambah Bupati. 

Pada kesempatan yang sama Ketua KIP Aceh Selatan Saiful Bismi mengatakan, setelah bapak ibu dilantik nantinya akan dilakukan pemutakhiran data pemilih, tentunya Akurat atau tidaknya itu tergantung ditangan bapak ibu semuanya. 

Disamping itu kami mohon bekerja secara profesional, bekerja dengan integritas dan mengutamakan kepentingan negara dibandingkan kepentingan pribadi. Ucap Saiful. 

Dan hari ini dilantik sebanyak 780 orang panitia pemungutan suara (pps), diantara 450 orang laki-laki dan 330 orang perempuan, kami berharap bapak ibu bisa berkoordinasi dengan kepala desa dan bawaslu ditingkat desa. Ujar Ketua KIP.(*) 


Diskominfosan Asel

Kabar Terkait

Daftar Pejabat