BERITA UTAMA

Kick Off Meeting Persiapan Penyusunan RPJPD Kabupaten Aceh Selatan Periode Tahun 2025-2045

Senin, 17 Juli 2023 # Pemerintahan 464

Rapat Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) untuk 20 Tahun Kedepan
Rapat Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) untuk 20 Tahun Kedepan

Tapaktuan - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Aceh Selatan mengadakan acara kick off meeting persiapan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2025-2045.  

Acara ini berlangsung di Gedung Serbaguna Bappeda Lantai III, Senin (17/7/2023), juga dihadiri oleh Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran, Asisten III Setdakab H. Halimuddin SH MH, para kepala skpk, Camat serta Tim Ahli Penyusun RPJPD, dan undangan lainnya.  

Acara dimoderatori oleh Masrizal SE M.Si, selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Aceh Selatan. Timeline dalam proses penyusunan RPJPD disampaikan untuk mengingat pentingnya komitmen bersama dalam penyusunan dokumen.  

Dalam arahannya, Bupati Aceh Selatan mengatakan, Menindaklanjuti arahan Mendagri dan BAPPENAS yang mewajibkan daerah untuk menyusun RPJP secara serentak di seluruh Indonesia Tahun 2023 mendatang. Tujuannya untuk meng-sinkronkan dengan kebijakan pusat, provinsi dan kabupaten/kota.   Untuk maksud tersebut maka Kabupaten Aceh Selatan mulai tahun 2023 ini akan melaksanakan penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang untuk Tahun 2025-2045. Ujar Beliau.  

Memperhatikan kondisi pembangunan Kabupaten Aceh Selatan selama ini, tentunya kami berharap kepada kita semua agar dapat mendukung Tenaga Ahli beserta Bappeda dalam rangka menyusun Rancangan Awal RPJP Kab. Aceh Selatan Tahun 2025-2045 sehingga dapat menghasilkan dokumen pembangunan yang bermutu dan tepat sasaran selama 20 tahun ke depan. Ucap Tgk Amran.   

Sebagai contoh, berdasarkan data yang ada, persentase kemiskinan Kabupaten Aceh Selatan dapat terus berkurang dari tahun 2018 sebesar 14,01%, pada Tahun 2022 menjadi 12,43% dengan angka kemiskinan ekstrim 0,94%. Aceh Selatan terbaik pada level Pemerintah Kabupaten.   

Namun pada sisi pertumbuhan ekonomi, Aceh Selatan masih perlu usaha keras mewujudkan mimpi-mimpi besar sehingga dapat membuka lapangan kerja dan peningkatan pendapatan perkapita masyarakat. Sambung Tgk. Amran.    

Akhirnya, kepada kita semua khususnya Bappeda dan Tenaga Ahli kami berharap susunlah perencanaan pembangunan ini dengan baik dan berkualitas guna mewujudkan Aceh Selatan yang sejahtera pada Tahun 2045. Pungkas Bupati.(*)  


Diskominfo Aceh Selatan

Kabar Terkait

Daftar Pejabat